Rabu, 01 Mei 2013

10 Mamalia Berbisa di Dunia

Platypus
Berikut ini adalah kategori mamalia berbisa yang ada di dunia, kita merangkumnya menjadikan mereka dalam 10 mamalia berbisa di dunia.


1. Mol Eropa (Talpa europaea)


Mol Eropa adalah mamalia dari Soricomorpha pesanan. Hal ini juga dikenal sebagai mol umum dan mol utara.  Mol ini hidup dalam sistem terowongan bawah tanah, yang terus-menerus meluas. Menggunakan terowongan ini untuk berburu mangsanya. Dalam kondisi normal bumi pengungsi didorong ke permukaan, sehingga molehills karakteristik. Ini feed terutama pada cacing tanah, tetapi juga pada serangga, lipan dan bahkan tikus dan Tikus. Air liur yang mengandung racun yang melumpuhkan cacing tanah khususnya, racun tidak mematikan bagi manusia.


2. Platypus (laki-laki) (Ornithorhynchus anatinus) 

Sementara kedua platipus pria dan wanita dilahirkan dengan taji pergelangan kaki, hanya taji jantan menghasilkan koktail racun, sebagian besar terdiri dari defensin-seperti protein (DLPs), tiga di antaranya adalah unik untuk platipus. Para DLPs diproduksi oleh sistem kekebalan platypus. Meski cukup kuat untuk membunuh binatang kecil seperti anjing, racun tidak mematikan bagi manusia, tetapi rasa sakit begitu menyiksa, korban mungkin tidak mampu. Edema cepat berkembang di sekitar luka dan secara bertahap menyebar ke seluruh anggota badan yang terkena. Informasi yang diperoleh dari sejarah kasus dan bukti bersifat anekdot menunjukkan rasa sakit berkembang menjadi hiperalgesia tahan lama (kepekaan yang meningkat terhadap nyeri) yang berlangsung selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan. Venom diproduksi dalam kelenjar crural dari laki-laki, yang merupakan kelenjar alveolar berbentuk ginjal dihubungkan oleh saluran berdinding tipis ke kalkaneus memacu pada setiap kaki belakang. The platypus betina, yang sama dengan echidnas, memiliki tunas memacu dasar yang tidak berkembang (dropping off sebelum akhir tahun pertama mereka) dan kurangnya kelenjar crural fungsional.

Racun tampaknya memiliki fungsi yang berbeda dari yang dihasilkan oleh spesies nonmammalian, dampaknya tidak mengancam hidup untuk manusia, tapi tetap cukup kuat untuk secara serius merusak korban. Karena hanya laki-laki menghasilkan racun dan produksi naik selama musim kawin, hal itu dapat digunakan sebagai senjata ofensif untuk menegaskan dominasi selama periode ini.


3. Elliot's short-tailed shrew (Blarina hylophaga)


Berekor pendek pemberang Elliot mirip dalam penampilan dengan erat selatan pemberang berekor pendek, meskipun sedikit lebih besar rata-rata, dan sudah lama diperkirakan berasal dari spesies yang sama. Ini adalah tikus kesturi sangat dibangun dengan kaki pendek dan ekor, dan, moncong lancip panjang dengan kumis panjang. Telinga dan mata keduanya kecil, kelopak mata ditutup secara permanen pada beberapa individu, sebuah fitur yang tidak diketahui di kalangan Tikus. Meski cukup kuat untuk membunuh binatang yang lebih kecil, racun tidak mematikan bagi manusia.


4.  Eurasian water shrew (Neomys fodiens) 


Eurasia air pemberang, tinggal dekat dengan air tawar, berburu serangga air, siput, moluska dan amfibi kecil, terutama kadal air, dan mangsa lain di air dan di dekatnya. Perangkap Bulunya gelembung udara di dalam air yang sangat membantu daya apung, tetapi memerlukan itu untuk jangkar dirinya untuk bertahan dalam air selama lebih dari singkat penyelaman.

Seperti banyak Tikus, tikus kesturi air memiliki air liur berbisa, membuatnya menjadi salah satu mamalia berbisa sedikit, meskipun tidak mampu menusuk kulit hewan besar seperti manusia. Sangat teritorial, itu menjalani kehidupan soliter dan ditemukan di seluruh Eurasia utara, dari Irlandia ke Korea Utara.


5. Northern short-tailed shrew (Blarina brevicauda) 


Northern short-tailed shrew adalah pemberang terbesar dalam genus Blarina, dan terjadi di wilayah timur laut Amerika Utara. Ini adalah salah satu mamalia berbisa beberapa. Julukan spesifik, brevicauda, ​​adalah kombinasi dari brevis Latin dan cauda, ​​yang berarti "ekor pendek".

Air liur dari utara pemberang berekor pendek berisi protease kallikrein-seperti, digunakan untuk melumpuhkan dan menaklukkan mangsanya. Toksin tersebut cukup kuat untuk membunuh binatang kecil, hingga ukuran agak lebih besar dari tikus kesturi sendiri, dan menghasilkan gigitan menyakitkan untuk manusia yang mencoba untuk menangani tikus tersebut. The beracun air liur disekresikan dari kelenjar submaxillary, melalui saluran di dasar gigi seri yang lebih rendah, di mana air liur mengalir sepanjang alur yang dibentuk oleh dua gigi seri, dan ke mangsanya. Toksin ini sangat mirip dengan struktur yang digunakan oleh manik-manik kadal Meksiko (Heloderma horridum), tetapi berkembang secara mandiri, namun, dari protein prekursor yang sama.

Salah satu komponen racun, peptida disebut soricidin, telah dipatenkan dan sedang diselidiki di Kanada untuk mengontrol rasa sakit dan sebagai obat antikanker. Komponen lain sedang belajar di Jepang sebagai agen antihipertensi.  


6. Southern short-tailed shrew (Blarina carolinensis)


Makanan Southern short-tailed shrew terdiri dari serangga, annelida, materi sayuran, lipan, laba-laba, kalajengking, moluska, tikus dan reptil, dan telah dikenal untuk menyimpan siput untuk musim dingin. Air liur berbisa dan disuntikkan ke dalam luka mangsanya dengan gigi. Bisanya cukup kuat untuk membunuh tikus, tetapi tidak mematikan bagi manusia, meskipun hal itu menyebabkan sakit parah.


7. Kuba Solenodon (Solenodon cubanus)


Kuba Solenodon atau almiqui, adalah spesies endemik soricomorph ke Kuba. Ini milik Solenodontidae keluarga bersama dengan spesies yang sama, Hispaniolan Solenodon (Solenodon paradoxus). Solenodon tidak biasa di antara mamalia dalam bahwa air liur adalah berbisa.

Spesies ini memiliki makanan yang bervariasi. Pada malam hari, mereka mencari serasah lantai hutan untuk serangga dan invertebrata lainnya, jamur, dan akar. Mereka memanjat dengan baik dan makan buah-buahan, berry, dan kuncup, tetapi memiliki kebiasaan predator lebih banyak. Dengan racun dari kelenjar ludah dimodifikasi di rahang bawah, mereka dapat membunuh kadal, katak, burung kecil, atau bahkan tikus. Mereka tampaknya tidak menjadi kebal terhadap racun dari jenis mereka sendiri, dan teman-kandang telah dilaporkan mati setelah perkelahian.  


8. Haiti Solenodon, atau, Hispaniolan Solenodon (Solenodon paradoxus) 


Solenodons terlihat mirip dengan Tikus sangat besar. Mereka berdua memiliki gigitan berbisa, racun disampaikan dari kelenjar ludah dimodifikasi melalui alur pada kedua gigi seri yang lebih rendah.  


9. Kukang (Nycticebus coucang, Nycticebus bengalensis, Nycticebus pygmaeus, Nycticebus kayan) 


Kelenjar brakialis di bagian dalam siku dari kukang mengeluarkan eksudat coklat. Eksudat ini menjilat dan menjadi dicampur dengan air liur. Sebuah protein dalam sekresi, yang mirip dengan protein alergen diisolasi dari kucing domestik, dapat diperkenalkan oleh gigitan kukang, sehingga anafilaksis. Dengan demikian, patut dipertanyakan apakah kukang harus dipertimbangkan benar-benar berbisa.  


10. Landak (Erinaceinae) 

Landak akan mengurapi duri mereka dengan berbagai zat beracun dan menjengkelkan. Mereka kadang-kadang akan membunuh kodok (Bufo) dan menggigit kodok 'racun kelenjar dan mengolesi campuran beracun pada durinya. Tenrecs, mirip dalam penampilan dengan landak tapi garis keturunan yang berbeda, juga mungkin telah berevolusi secara terpisah agak berbeda perilaku diri urapan. Apakah seperti self-urapan di landak dan tenrecs terlibat dalam pertahanan, aroma-kamuflase, untuk menarik lawan jenis, atau kombinasi dari alasan ini atau lainnya adalah topik diperdebatkan.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...