Rabu, 29 Juli 2015

15 Makhluk Aneh di Kedalaman Laut



Berikut ini adalah berbagai jenis hewan bawah laut yang sangat aneh dengan berbagai macam kemampuan bertahan hidup yang sangat mengagumkan, kemampuan dari hewan-hewan laut tersebut sering di adopsi ke berbagai film Sci-fi yang sering anda tonton di layar kaca. Apakah anda penasaran?


1. Ubur - ubur Silent Scream (Atolla wyvillei) 

Ketika diserang oleh predator, ubur-ubur laut ini akan berteriak menggunakan bantuan bioluminescence yaitu sebuah bentuk cahaya dari tubuhnya sebagai peringatan untuk menakuti musuhnya, dengan kemampuan mencuri cahaya/ menyerap cahaya dari lingkungannya sehingga ia mampu berpendar manakjubkan sebagai bentuk pertahanan dari predator. Ubur-ubur ini difoto oleh ROV Hyper Dolphin dari wilayah bagian timur Jepang, sekitar daerah Izu Oshima-Island, kedalaman sekitar 2.640 kaki (805 meter) di bawah permukaan.

(Atolla wyvillei )



2. Gurita Teluk (Octopus in the Gulf)

Sebuah gurita dalam air (Benthoctopus sp.) Duduk di dasar laut di Teluk Meksiko daerah Alaminos Canyon, di foto sekitar kedalaman 8800 kaki (2.700 meter) di bawah permukaan laut. Anda tahu bahwa gurita adalah hewan bawah laut yang sangat kompleks system pertahanannya, dari berkamuflase dengan lingkungannya sampai kemampuan dia beradaptasi dengan keadaan extreme bertekanan tinggi di dasar lautan.

( Benthoctopus )


3. Red-lipped Batfish

Jenis hewan ini ditemukan di Kepulauan Galapagos, merupakan jenis ikan perenang yang sangat buruk, dan menggakan sirip dadanya untuk berjalan di dasar laut. Mungkin ini awal bentuk evolusi sehingga memungkinkan binatang ini menyimpang dari yang lainnya.

( Red-lipped Batfish )

   

4. Crustacea Phronoma Sedentaria (Cooper of the Sea )

Species Crustacean jenis ini lebih dikenal sebagai “Cooper of the Sea” karena makhluk ini hidup didalam gentong atau seperti pelindung transparan yang disebut "Salp". Terlihat sangan aneh, tapi hal tersebut masuk sebagai system pertahanan dari ganasnya lingkungan bawah laut.

 (Cooper of the Sea )


5. King of the hydroids 

Diketahui bahwa Branchiocerianthus Imperator ini adalah jenis hidroid terbesar yang pernah ditemukan Binatang laut Hidroid ini memang terlihat seperti bunga, tapi mereka benar-benar binatang dengan tentakel. Ini terlihat disekitar daerah Shinkai tahun 2000 di Jepang di laut Sagami Bay pada kedalaman 2.200 kaki (670 meter).

( King of the hydroids )


6. Bintang laut ( Asteronyx loveni )

Loveni Asteronyx adalah jenis bintang rapuh yang cenderung melekat ke spesies laut lain yang dikenal sebagai pena laut. Ophiuroidea ini terlihat dengan lengan yang panjang terlihat di sekitar perairan Jepang daerah laut Sanriku, pada kedalaman 4.150 kaki (1.265 meter).


( Loveni Asteronyx )














7. Keong Laba-laba ( Lambis Chiragra ) 

Keong Laba-laba (Lambis chiragra) memiliki enam duri di bibir cangkangnya. Menampilkan cangkang yang indah dengan interior dan warna orange dan kuning mengkilap bagai mutiara. Spesies ini terdaftar sebagai spesies "langka" pada Daftar Merah hewan yang terancam punah di Singapura.


( Lambis chiragra )
  

8. Gastropodal Paper Bubble 

Paper Bubble atau disebut Gelembung kertas berlapis (Hydatinidae gen. Sp.) ini ditemukan di bangkai paus dalam sperma di saat paus tersebut mati disekitar daerah pantai Kagoshima, Nomamisaki, wilayah Jepang. Anda bisa mengamati di gambar bahwa mata kecil hewan gastropoda ini dilindungi oleh perisai cephalic. "Kertas gelembung" sebenarnya merupakan shell sangat tipis sebagai peindung.

 ( Gastropodal Paper Bubble )


9. Anemon Karibia Raksasa 

Anemon Karibia Raksasa (Condylactis gigantea) tumbuh hingga ketinggian sekitar 6 inci (15 cm). Tentakelnya sangat indah, tapi mereka mengandung bantalan racun nematocysts yang melumpuhkan mangsa anemon laut itu. Diselimuti racun menjadikan anemon ini sangat aneh karena mampu melumpukan mangsanya seketika agar tidak melarikan diri. Keindahan anemon ini menjadi daya tarik mangsa sehingga mangsa tidak sadar akan bahaya yang mengintainya.

( The Giant Caribbean Anemone )


10. Cacing Api Berjenggot ( Hermodice Carunculata )

Dalam bahasa Inggris disebut "The bearded fireworm" (Hermodice carunculata) adalah jenis bristleworm, dengan kelompok bulu putih di setiap sisinya. Bulu racun dengan mudah menembus daging dan putus jika bulu cacing ini tidak ditangani. Mereka menghasilkan sensasi terbakar yang kuat di bidang kontak, maka hal tersebut menjadi nama umum dari spesies hewan Karibian ini. Bagaimana, dari bentuknya yang aneh dengan racun yang kuat menjadikan hewan cacing ini sangat mengerikan bukan?

( Cacing Api Berjenggot )


11. Sponge Brittle Stars

Hewan ini adalah echinodermata nokturnal (Ophiothrix suesonii) atau disebut "Sponge Brittle Stars" atau Bintang laut berspons halus. Mereka sangat umum terdapat di Karibia. Mereka dinamakan demikian karena mereka ditemukan secara eksklusif di dalam atau spons yang tinggal di luar tubuhnya. Sangat rapuh dan mudah rusak bagian tubuhnya, dengan jarum - jarum yang terdapat ditubuhnya menjadikan hewan ini terlihat aneh dan mengerikan.

( Sponge Brittle Stars )


12. Dragonfish 

Bayangkan jika anda hidup didasar lau dengan kegelapan abadi tanpa ada cahaya, sangat dingin, dan makanan sulit untuk didapatkan? sangat mengerikan jika kita membayangkan hal tersebut. Namun bagi banyak hewan dikedalaman tersebut, kegelapan adalah suatu hal yang biasa, persedianaan makanan yang sedikit dari alam adalah suatu hal yang mereka alami setiap hari. Karena makanan sulit dicari, maka pertumbuhan gigi mereka sangat besar dan mengerikan, dimana gigi berfungsi juga untuk menggantung atau menyimpan makanan untuk persediaan dalam jangka mingguan. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak "ikan laut dalam" memiliki banyak gigi besar. Seperti Dragonfish ini, terlihat di lepas pantai Australia, bahkan memiliki gigi pada lidahnya.

( Dragonfish )


13. Ikan Pemancing ( The Sargassumfish )

The sargassumfish (histrio histrio) adalah anggota dari keluarga frogfish (Antennariidae), sekelompok kecil ikan bulat ini berburu dengan mengintai, menggenggam, dan mengembangkan sirip dada dengan bukaan insang kecil di belakang mulut dasar setinggi di kepala, dan "memancing memancing" (dibentuk oleh tulang punggung pertama) di moncongnya. Ini biasanya hidup di perairan terbuka dalam aktivitas berburunya dengan mengambang, tetapi ikan ini sering terseret ke dekat pantai dan teluk air selama badai. Spesimen ini ditemukan di lepas pantai Korea.

( The Sargassumfish )



14. Mentimun Kooky ( Elpidia Belyaevi )
 
Spesies teripang ini pertama kali ditemukan di laut Arktik yang dalam dan dikenal sebagai Elpidia belyaevi. Kenapa ini aneh, karena dikedalaman samudtra  Arktik tidak akan mungkin ada teripang, namun para ilmuwan telah menemukan spesies tersebut.

( Elpidia Belyaevi )


15. Flytrap Sea Anemone (Actinoscyphia sp.)

Anemon ini menutup tentakel untuk menangkap mangsa dan juga untuk melindungi diri, sangat berbeda dari jenisnya. Anemon ini terlihat garang aneh dan mengerikan. walau lembut tetapi anemon ini lebih mirip monster bergigi besar yang mengerikan.

( Fly-Trap Anemone )


 
 source

2 komentar:

  1. wah ternyata begitu ya tentang hewan dasar laut, mungkin lain kali ane makan tuh ikan wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  2. Dan manusia, meskipun ditubuhnya tdk punya taring_cakar ataupun racun ,Tp lebih mengerikan dr apapun yg paling mengerikan di muka bumi ini :'D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...